Beranda > Kisah Islam > Dialog Imam Ghozali dan Muridnya

Dialog Imam Ghozali dan Muridnya


for everyone

Apa yang paling dekat dengan kita di Dunia ini ?”. Murid menjawab ‘ Orang tua, guru, teman, sahabat”. “ Semua jawaban benar, namun yang paling dekat dengan kita adalah “ KEMATIAN” MAKA PERBANYAKLAH MENGINGAT  “MATI”

Apa yang paling jauh dari kita di dunia ini “. Murid menjawab “ Bulan, bintang, matahari”. “ Semua jawaban benar, namun yang paling jauh dari kita adalah “ MASA LALU” , karena dengan cara apapun kita tidak mungkin kembali ke masa lalu”.

“ Apa yang paling besar di dunia ini ?”. Murid menjawab “ gunung, matahari, bumi”. “ Semua jawaban benar, namun yang paling benar adalah “ HAWA NAFSU” , maka berhati-hatilah dengan nafsu karena bila kita tidak bisa mengendalikannya , akan membawa manusia ke neraka.

Apa yang paling berat di dunia ini ?”. Murid menjawab “ besi, gajah”. Semua itu benar, namun yang paling benar adalah ‘ MEMEGANG AMANAH “. Hanya manusia yang bisa menjadi Khalifah di dunia ini, berhati-hatilah dan laksanakan amanah dengan seadil-adilnya dan sebijaksana mungkin,

“ Apa yang paling ringan di dunia ini “. Murid menjawab “ angin, debu, dedaunan”. ‘ Semua itu benar, namun yang paling benar adalah MENINGGALKAN SHOLAT. Kaki kita, tangan kita, hati kita dengan mudah dan ringannya bila diajak melakukan hal2 untuk kesenangan duniawi dan MENINGGALKAN SHOLAT.

“Apakah yang paling tajam di dunia ini “. Murid menjawab “ pedang ”. Imam Ghozali membenarkan, tapi yang paling tajam adalah ‘LIDAH MANUSIA”. Karena dengan “Lidah”nya manusia bisa melukai, memfitnah, mengadu domba, memutarbalikkan fakta, mencari muka dll Lidahmu Harimaumu.

Di dunia ini, kita hanyalah ‘mampir’
Mari kita saling mengingatkan untuk sebuah kebajikan serta amal sholeh.

Allah tidak melihat Raga dan Rupamu, Tapi Allah melihat HATI dan PERBUATANMU

(Untuk Muhasabah)

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: