Beranda > Tip's n Trick > Tentang Kopi (about coffee) :)

Tentang Kopi (about coffee) :)


Sesekali gw teguk kopi yang sebelumnya sudah gw buat khusus untuk menemani posting pagi ini. Ngomong ngomong soal minuman yang satu ini, mungkin udah gak asing lagi di telinga sobat sekalian. Dari warung-warung yang ada di pinggir jalan sampai food court yang ada di mall-mall gak ketinggalan menyediakan minuman yang berasal dari biji kopi ini. minuman ini memang cocok banget sebagai teman waktu baca koran pagi, nongkrong bareng temen, atau penyemangat sewaktu begadang. Apalagi bagi Blogger yang hanya bisa nangkring depan komputernya itu malam atau pagi hari doang.
Gloria Jean's
Jenis Coffee :

Di dunia terdapat dua jenis kopi yang pasti udah banyak dikenal yaitu Robusta dan Arabika. kopi jenis robusta ini banyak beredar bebas di pasaran dalam bentuk kemasan instan berharga murah, kalau jenis arabika ini lebih eksklusif karena jenis arabika punya segmen pasar tersendiri. Produksinya hanya sekitar 10% dari produksi kopi dunia. Biasanya menu kopi di kafe-kafe menggunakan jenis kopi ini sehingga lebih mahal harganya. Kadar kafeinnya juga lebih rendah. Namun, jenis ini kurang tahan cuaca sehingga umurnyapun lebih pendek.

Bahaya Dan Manfaat Dari Kopi

Menurut analisis kedokteran,
dalam kopi terdapat sejenis senyawa kimia xantin. Derivat senyawa ini meliputi kafein, teofilin dan teobromin dalam coklat.Kafein ternyata dapat menimbulkan perangsangan terhadap susunan saraf pusat (otak), sistem pernapasan, serta sistem pembuluh darah dan jantung. Sebab itu tidak heran setiap minum kopi dalam jumlah wajar (1-3 cangkir), tubuh jadi terasa segar. bergairah, daya pikir lebih cepat, tidak mudah lelah atau mengantuk. Dampak positif ini menyebabkan orang sulit terlepas dari kebiasaan minum kopi. Namun, sebenarnya manfaat di atas tidak berlaku bagi seseorang yang pekerjaannya memerlukan ketelitian, kerapian, serta ketetapan menghitung, seperti matematika, menggambar atau melukis. Sebaliknya, minum kopi lebih tepat bagi orang yang belajar ilmu-ilmu sosial atau menghapal. Minumlah sekitar setengah sampai satu jam sebelum aktivitas belajar atau menghapal dimulai.
Efek Negatif
Dalam dosis berlebihan (antara 250-750 mg atau 2-7 cangkir kopi) dapat menimbulkan kegelisahan, mual, sakit kepala, otot tegang, gangguan tidur, dan palpitasi jantung (jantung berdebar), terkadang juga anoreksia. Sementara jika dosisnya lebih tinggi lagi (di atas 750 mg), akan muncul berbagai gangguan emosi dan indra, utamanya pendengaran dan penglihatan (http://www.caryacademy.org)

Namun, sisi negatif kafein tak hanya bakal terasa sesegera itu saja. Serangkaian penelitian telah mengintip efek jangka panjangnya. Dalam Reader’s Digest edisiDesember 1994, yang mengutip laporan penelitian yang dibiayai The US National Institute of Child Health and Human Development and The US National Institute on Drug Abuse, memberitakan bahwa wanita yang mengonsumsi 300 mg kafein setiap harinya memiliki kesempatan 27% lebih rendah untuk hamil dibandingkan mereka yang terbebas darinya. Meski mekanismenya belum diketahui pasti, sebuah hipotesis mengatakan, kemungkinan substansi ini dapat menurunkan level hormon, semisal estrogen hingga memengaruhi ovulasi.
Sebenarnya masih banyak lagi efek negatifnya, tapi lumayan cape juga ^^

Manfaat Bagi Kesehatan
Telah lama orang curiga akan efek negatif dari kopi, sehingga sedikit mengejutkan bahwa penelitian terakhir menunjukkan bahwa mengkonsumsi 2-4 cangkir kopi setiap hari mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Di antaranya:

  • mengurangi resiko kanker usus besar sampai 25% (dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsi kopi),
  • mengurangi resiko batu empedu sampai 45%,
  • mengurangi resiko sirosis hati sampai 80%,
  • mengurangi resiko penyakit Parkinson 50-80%,
  • mengurangi frekuensi serangan asma sampai 25%, dan
  • menurut pengamatan banyak perawat selama beberapa tahun, mengurangi tingkat bunuh diri.

Jadi, mulai sekarang minumlah kopi dalam jumlah konsumsi yang wajar. Terlalu sering beresiko, tidak sama sekalipun sedikit beresiko ^^.
Dan sering seringlah berolah raga.
semoga sobat sekalian sehat selalu…

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: